PANGAN YANG BERKEMAJUAN

PANGAN YANG BERKEMAJUAN

Hari pangan yang jatuh pada tanggal 11 November 2018 dimanfaatkan oleh tim dari PDM Banjarnegara untuk mengenalkan produk milik kelompok binaannya, yaitu hasil olahan dari ketela pohon yang dijadikan sebagai tepung Mocaf. Tepung Mocaf adalah salah satu alternatif bahan pangan yang sangat dianjurkan karena berbagai manfaat bagi kesehatan, tepung ini terbuat dari tepung singkong atau ketela kayu yang diolah melalui beberapa tahapan hingga menjadi tepung mocaf, ucap Rizkiyanto salah satu anggota LazisMu Banjarnegara dalam acara hari pangan tersebut.
Dalam acara tersebut beliau juga menjelaskan asal mula kenapa PDM Banjarnegara mencetuskan adanya kelompok binaan pembuatan tepung mocaf karena melihat 2 penyebab, yaitu harga ketela kayu dipetani yang sangat murah dan makanan pokok yang belum tergantikan. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya tepung mocaf ini diharapkan dapat meningkatkan harga jual ketela kayu dan sebagai pengganti makanana pokok
Menurut Fajar Kepala Seksi Agro Industri Disperindagkop Kabupateb Banjarnegara, yang mendampingi pelaku UMKM Banjarnegara dalam acara tersebut, menekankan bahwa Mocaf lebih menyehatkan pada sistim pencernaan dibandingkan dengan tepung jenis lain.
Dikutip dari Agroindustri.co.id, tepung mocaf memiliki kandungan serat yang tinggi, kadar kalsium yang tinggi dibandingkan padi dan memiliki daya cerna yang jauh lebih baik dan cepat dibandingkan tepung tapioka atau tepung gaplek. Nah bagi anda yang memiliki masalah pecernaan seperti susah buang air besar atau sembelit maka haruslah mencoba tepung mocaf sebagai bahan dasar membuat makanan.
Menurut Solikhun selaku seketaris PDM Banjarnegara melalaui Majelis Pemberdayaan Masyarakat, mereka sedang bekerjasama dengan Tim Ahli UGM untuk melakukan uji klinis kandungan gizi yang terkandung dalam tepung mocaf guna mengetahui kandungan gizi lebih spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *