“AUM Banjarmangu dan Punggelan Lakukan Studi Banding ke Sambas”

BANJARMANGU-Ketua Majlis Dikdasmen Muhammadiyah Cabang Banjarmangu dan Punggelan bersama 10 MI Muhammadiyah se Cabang Banjarmangu dan Punggelan baru menyelesaikan studi banding ke MI Istiqomah Sambas Purbalingga, Selasa (13/11). Dari studi banding tersebut, banyak pelajaran yang bisa dipetik dan menjadi mo­tivasi bagi mereka untuk menjalankan program-program pendidikan yang lebih baik ke depan.

Ketua Majlis Dikdasmen Cabang Banjarmangu, di Purbalingga, Selasa (13/11) mengatakan, mereka banyak belajar dari penerapan sistem pembelajaran di MI Sambas,  bagaimana mereka menge­lola sebuah lembaga pendidikan yang kini tergolong katagori kelas atas untuk tingkat SD/MI di provinsi Jawa Tengah dan melakukan kerja sama-kerja sama dengan stakeholder.

“Salah satu kegiatan yang kami tinjau adalah kegiatan shalat Dhuha yang dilanjutkan dengan tahfidz yang dilaksanakan setiap pagi di depan kelas masing-masing yang dipandu oleh guru kelas. Kegiatan tersebut dimulai pukul 06.15 dan berakhir pukul 07.30. Setelah itu baru dilaksanakan proses pembelajaran sesuai jadwal.

Pada puncak kegiatan studi banding, kami dikumpulkan di aula untuk mengikuti ramah tamah dan mendengarkan paparan seputar MI Istiqomah Sambas yang disampaikan oleh kepala MI Istiqomah Sambas (Ikhwandi Arifin) dan ketua yayasan Istiqomah Sambas (H. Eling Purwoko). Hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Purbalingga (H. Karsono) yang juga pengurus Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara. Dalam sambutannya Karsono berharap hubungan antara Madrasah Muhammadiyah di Banjarnegara dengan MI Istiqomah Sambas dapat terus terjalin agar kesuksesan di Sambas dapat diadopsi oleh Madrasah Muhammadiyah di Banjarnegara.

Ketua yayasan Istiqomah Sambas (H.Eling Purwoko) menyambut baik harapan Kankemenag Purbalingga dan berjanji akan membantu sepenuhnya diawali dengan program penerapan metode Ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran. Pihaknya akan membentuk tim yang akan dikirim ke Banjarnegara yang dipimpin langsung oleh kepala MI Istiqomah Sambas, Ikhwandi Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *