Geliat Hizbul Wathan Cabang Merden Adakan Persahad

Banjarnegara-Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah sebuah gerakan kepanduan yang dimiliki Persyarikatan Muhammadiyah memang harus dikembangkan sejak tingkat Athfal. Selaras dengan tujuan itu Hizbul Wathan Kwartir Cabang Merden menggelar Perkemahan Sabtu-Ahad (PERSAHAD) yang bertajuk Latihan Gabumgan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwarcab Merden Bersama TNI.

Kegiatan yang berlangsung 2-3 Februari 2019 di Komplek MI Muhammadiyah Mertasari diikuti 195 peserta dari 4 Qabilah, MIM Mertasari, MIM 01 Merden, MIM 02 Merden dan MIM Kaliajir terbagi dalam 17 kuntum (regu). Demikian Tino Irmansyah selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan laporannya. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghadirkan rasa keceriaan dan kegembiraan sehingga diharapkan bangkit semangat dan kecintaan terhadap kepanduan HW.  Yang ingin kami tekankan pada acara ini para peserta dilatih kemandirian dan kekompakan regu dalam melaksanakan tugasnya, sebagai contoh peserta dianjurkan memasak sendiri apapun hasilnya itu sebagai bentuk kerja sama tim,” tandasnya.

Sugeng Priyanto selaku Ketua Kwarda HW Banjarnegara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kwartir Cabang HW Merden atas terselenggaranya kegiatan ini, isnya Alloh dengan ini akan menjadi inspirasi bagi Qabilah Hizbul Wathan di luar Cabang Merden. “Kami mengharapkan Qabilah-qabilah lain akan meniru apa yang diprakarsai oleh Ramanda/Bunda di Qabilah-qabilah Cabang Merden,” ungkapnya. Di akhir sambutannya beliau juga berpesan kepada para siswa, “Jadikan ini sebagai ajang untuk tolong menolong sesama teman dan berjasa sehingga setelah kegiatan ini kembali ke qabilah masing-masing bisa menerapkan pengalamannya kemudian diharapkan bisa berprestasi untuk madrasahnya dan dapat meneruskan perjuangan Jenderal Sudirman.” Tandasnya. Kemudian membuka secara resmi acara Persahad HW Kwarcab Merden.

Yang menarik lagi bagi para peserta, mereka berkesempatan belajar bersama TNI yang sengaja diundang panitia untuk mengisi materi tentang Mitigasi Bencana, Latihan PBB dan permainan lainnya. 13 personil dari Batalyon Infanteri 406 Candra Kusuma Purbalingga menyempatkan waktunya untuk membaur dengan pasukan HW. Kegiatan pembelajaran dari TNI terbagi dalam 2 sesi, teori dan praktek yang dilaksanakan di aula balai desa dan lapangan Desa Mertasari. Serma Hendro yang nota bene lulusan Pesantren As Salam Surakarta, dalam materinnya memotivasi pada para siswa, “Kalian jadilah anak cerdas, pintar yang taat beribadah, sosok yang kuat, meyakinkan.” Dengan gaya humoris dalam menyampaikan materi sehingga memberikan kesan pada anak-anak bahwa belajar, bermain bersama tentara  ternyata menyenangkan. Acara usai dan ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *