RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara Siap Beroperasi

Sebagai wujud nyata peran Muhammadiyah melayani ummat dan membantu pemerintah dalam melaksanakan amanatnya, PDM Banjarnegara telah menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Pembina Kesehatan Umum (RS PKU) Muhammadiyah Banjarnegara. Dilatar belakangi dari minimnya fasilitas kesehatan di Kabupaten Banjarnegara yang belum memenuhi rasio ideal yang ditetapkan oleh WHO, yaitu 1 tempat tidur per 1000 jiwa. Di Banjarnegara sendiri baru terdapat 465 tempat tidur rumah sakit.

Di Banjarnegara tidak ada penambahan kapasitas RS yang signifikan jika dibandingkan dengan daerah-daerah sekitarnya. Sebagai gambaran, di Purbalingga setidaknya ada 7 Rumah Sakit, Banyumas 20 Rumah Sakit, bahkan di Wonosobo yang memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang lebih sedikit-pun setidaknya memiliki 4 Rumah Sakit. Dengan demikian, PDM Banjarnegara tidak hanya melihat pembangunan RSU PKU Muhammadiyah sebagai fasilitas kesehatan dan amal usaha saja, tetapi lebih dari itu dengan berdirinya RSU PKU Muhammadiyah akan menjadi sumbangan penting bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan Kabupaten Banjarnegara.

Pembangunan RS PKU Muhammadiyah ini dimulai pada awal tahun 2017. Dan sampai saat ini proses pembangunan fisik telah mencapai angka 98% dengan kebutuhan anggaran yang telah digunakan kurang lebih 15,5 Milyard rupiah. Alat kesehatan sedang dalam proses melengkapi dengan anggaran 5,5 Milyard, sedangkan proses Ijin Operasional masih terus diproses dan ditargetkan pada bulan April semua sudah terpenuhi. Tim Pengembangan PKU Muhammadiyah Banjarnegara juga telah melaksanakan rekruitmen tenaga kerja baik medis dan non medis sejumlah kurang lebih 85 orang yang semenjak bulan Januari hingga saat ini sedang menjalani training di Klinik Utama PKU Muhammadiyah Merden.

Pada acara Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) yang dilaksanakan pada hari sabtu, (16/03) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Banjarnegara, PDM bersama dengan Majelis PKU dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Daerah Banjarnegara telah merencanakan dan menyepakati bahwa pelaksanaan Grand Opening Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Banjarnegara akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2019 bersamaan dengan agenda rutin Hari Ber-Muhammadiyah Banjarnegara. Pada acara Grand Opening tersebut diharapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dapat hadir secara pribadi untuk sekaligus meresmikan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Banjarnegara. Setelah Grand Opening, akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis selama tiga hari. (fit.zna)

Dokumentasi RSU PKU Muhammadiyah dapat dilihat disini

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *